Nama : Wildan
Helmi
Nim : 14.230.0007
Kelas : 1M51
Penerapan Sistem
Informasi Managemen Di Indomaret
A.
Profil Indomaret
Indomaret adalah jaringan peritel waralabadi Indonesia.Indomaret merupakan salah satu anak perusahaan Grup Salim. Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan
sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 M2.Dikelola oleh PT.
Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko
pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tahun 1988. Tahun 1997 perusahaan
mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret
teruji dengan lebih dari 230 gerai.Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan
"Perusahaan Waralaba 2003" dari Presiden Megawati Soekarnoputri. Hingga 2014 Indomaret mencapai 10.600 gerai. Dari total
itu 60% gerai adalah milik sendiri dan sisanya 40% gerai waralaba milik
masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabodetabek, Sumatera, Jawa, Madura,
Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi. Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488
gerai. Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan
fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto "mudah
dan hemat". Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan non-makanan tersedia
untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari. Pada awal tahun 2011, Indomaret
mengubah logo baru, yaitu logo Indomaret di dalam kotak berwarna merah, biru
dan kuning dari atasnya.
B.
Software Yang Digunakan
Banyak
Software yang digunakan oleh indomaret.dan setiap bagian itu berbeda.untuk
bagian Area / Lapangan software
yang digunakan itu bersifat Pembantu seperti Peta Digital.
Sedangkan Kantor Bagian dalam yang mengurus data mengunakan berbagai macam Software, diantaranya adalah sebagai berikut :
Sedangkan Kantor Bagian dalam yang mengurus data mengunakan berbagai macam Software, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.
Microsoft
Office
Microsoft Office sudah seperti Kebutuhan umum setiap kantor biasa
digunakan untuk berbagai macam kebutuhan sesuai kebutuhannya masing-masing.
umumnya digunakan untuk menyampaikan laporan.
umumnya digunakan untuk menyampaikan laporan.
2.
Visual Basic
Sebetulanya Yang menggunakan VB secara langsung hanya sebagain orang
saja / bagain IT.yang dipekerjakan untuk membuat Program.sedangkan Karyawan
Lainnya hanya sebagai User. VB biasanya digunakan
User untuk meng-input data masuk..seperti Penjualan harian tiap toko indomaret.
3.
Oracle
Oracle digunakan sebagai Database
[sama hal-nya dengan Mysql.Sql.dll] tempat menampung data yang telah
diinput.denger-denger indomaret membayar uang 2 miliar untuk dapat menggunakan
oracle ini.
C. Sistem Distribusi
1. Pusat Distribusi
Sistem distribusi dirancang seefisien mungkin dengan jaringan
pemasok yang handal dalam menyediakan produk terkenal dan berkualitas serta
sumber daya manusia yang kompeten, menjadi Indomaret memberikan pelayanan
terbaik kepada konsumen.Saat ini Indomaret memiliki 5 pusat distribusi di Ancol
Jakarta, Cimanggis Depok, Tangerang, Bandung dan Surabaya.Dengan menjalin lebih
dari 400 pemasok, Indomaret memiliki posisi baik dalam menentukan produk yang
di jual.
2.
Sistem Teknologi Informasi
Laju pertumbuhan gerai Indomaret yang pesat dengan jumlah
transaksi 8,4 juta transaksi perbulan di dukung oleh sistem teknologi yang
handal. Sistem teknologi informasi Indomaret pada setiap point of sales di
setiap gerai mencakup sistem penjualan, menyediakan dan penerimaan
barang.Sistem ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan. Saat ini dengan memperhatikan
perkembangan jumlah gerai dan jumlah transaksi di masa mendatang.
Indomaret berupaya meningkatkan pelayanan dan kenyamanan belanja
konsumennya dengan menerapkan system check out yang menggunakan scanner di
setiap kasir dan pemasangan fasilitas fasilitas pembayaran di debit BCA.
Indomaret menerapkan digital picking system ( DPS ) pada setiap distribusinya.
Sistem TI ini memungkinkan pelayanan permintaan dan suplai barang dari pusat
distribusi ke toko-toko dengan tingkat kecepatan yang tinggi dan efisiensi yang
optimal. Pusat distribusi Indomaret berada di Jakarta, Cimanggis, Tangerang,
Surabaya dan Bandung.
3.
Promosi
Sasaran
pasar Indomaret adalah konsumen kelas menengah. Lokasi gerai yang strategis
dimaksudkan untuk memudahkan Indomaret melayani sasaran demografisnya yaitu
keluarga. Strategi pemasaran
Indomaret diitregasikan dengan kegiatan promosi. Secara berkala Indomaret
menjalankan program promosi dengan berbagai cara, seperti memberikan harga
khusus, undian berhadiah maupun hadiah langsung.
D.
Proses
Input dan Output Pada Indomaret
1. Input
Berikut ini adalah sample Laporan Nota Penerimaan Barang
No.NPB : 1364491
No.Kontainer :
000209192000
NO.
|
PLU(Kode Barang)
|
DESKRIPSI
|
QTY(Quantity)
|
|
1.
|
0542
|
Carnation SKM 380gr
|
2
|
|
2.
|
1482
|
Lageo Sandwich Cheese 100gr
|
2
|
|
3.
|
1724
|
Dancow Instant Box 800gr
|
3
|
|
4.
|
2992
|
Foxs Cb Pasion 38gr
|
1
|
|
5.
|
3825
|
Alpenliebe Caramel 125gr
|
2
|
|
6.
|
4263
|
Milo 3 In 1
|
5
|
|
7.
|
8833
|
Fruity Jeruk 39gr
|
2
|
|
8.
|
7438
|
Strepsils Hny Lmn 65
|
1
|
|
9.
|
7735
|
Pediasure Cmpl Vn900
|
2
|
|
10.
|
8403
|
Tamarin Candy Asem 150gr
|
2
|
|
11.
|
8592
|
Wrgl Cool Pineapple 88gr
|
1
|
|
12.
|
9378
|
Lactogen 2 DHA 350gr
|
4
|
|
13.
|
9450
|
Milo Actigen 300gr
|
4
|
2. Output
Berikut
adalah contoh output nota pembelian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar