Rabu, 22 Oktober 2014

tugas helmi



Nama  : Wildan Helmi
Nim    : 14.230.0007
Kelas : 1M51

Penerapan Sistem Informasi Managemen Di Indomaret

A.     Profil Indomaret

Indomaret adalah jaringan peritel waralabadi Indonesia.Indomaret merupakan salah satu anak perusahaan Grup Salim. Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 M2.Dikelola oleh PT. Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tahun 1988. Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai.Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan "Perusahaan Waralaba 2003" dari Presiden Megawati Soekarnoputri. Hingga 2014 Indomaret mencapai 10.600 gerai. Dari total itu 60% gerai adalah milik sendiri dan sisanya 40% gerai waralaba milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabodetabek, Sumatera, Jawa, Madura, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi. Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488 gerai. Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto "mudah dan hemat". Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan non-makanan tersedia untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari. Pada awal tahun 2011, Indomaret mengubah logo baru, yaitu logo Indomaret di dalam kotak berwarna merah, biru dan kuning dari atasnya.
B.      Software Yang Digunakan

Banyak Software yang digunakan oleh indomaret.dan setiap bagian itu berbeda.untuk bagian Area / Lapangan software yang digunakan itu bersifat Pembantu seperti Peta Digital.
Sedangkan Kantor Bagian dalam yang mengurus data mengunakan berbagai macam Software, diantaranya adalah sebagai berikut :


1.      Microsoft Office
Microsoft Office sudah seperti Kebutuhan umum setiap kantor biasa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan sesuai kebutuhannya masing-masing.
umumnya digunakan untuk menyampaikan laporan.
2.      Visual Basic
Sebetulanya Yang menggunakan VB secara langsung hanya sebagain orang saja / bagain IT.yang dipekerjakan untuk membuat Program.sedangkan Karyawan Lainnya hanya sebagai User. VB biasanya digunakan User untuk meng-input data masuk..seperti Penjualan harian tiap toko indomaret.
3.      Oracle
Oracle digunakan sebagai  Database [sama hal-nya dengan Mysql.Sql.dll] tempat menampung data yang telah diinput.denger-denger indomaret membayar uang 2 miliar untuk dapat menggunakan oracle ini.
C.      Sistem Distribusi

1.     Pusat Distribusi

Sistem distribusi dirancang seefisien mungkin dengan jaringan pemasok yang handal dalam menyediakan produk terkenal dan berkualitas serta sumber daya manusia yang kompeten, menjadi Indomaret memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.Saat ini Indomaret memiliki 5 pusat distribusi di Ancol Jakarta, Cimanggis Depok, Tangerang, Bandung dan Surabaya.Dengan menjalin lebih dari 400 pemasok, Indomaret memiliki posisi baik dalam menentukan produk yang di jual.
2.     Sistem Teknologi Informasi
 Laju pertumbuhan gerai Indomaret yang pesat dengan jumlah transaksi 8,4 juta transaksi perbulan di dukung oleh sistem teknologi yang handal. Sistem teknologi informasi Indomaret pada setiap point of sales di setiap gerai mencakup sistem penjualan, menyediakan dan penerimaan barang.Sistem ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan. Saat ini dengan memperhatikan perkembangan jumlah gerai dan jumlah transaksi di masa mendatang.
Indomaret berupaya meningkatkan pelayanan dan kenyamanan belanja konsumennya dengan menerapkan system check out yang menggunakan scanner di setiap kasir dan pemasangan fasilitas fasilitas pembayaran di debit BCA. Indomaret menerapkan digital picking system ( DPS ) pada setiap distribusinya. Sistem TI ini memungkinkan pelayanan permintaan dan suplai barang dari pusat distribusi ke toko-toko dengan tingkat kecepatan yang tinggi dan efisiensi yang optimal. Pusat distribusi Indomaret berada di Jakarta, Cimanggis, Tangerang, Surabaya dan Bandung.
3.     Promosi
Sasaran pasar Indomaret adalah konsumen kelas menengah. Lokasi gerai yang strategis dimaksudkan untuk memudahkan Indomaret melayani  sasaran demografisnya yaitu keluarga. Strategi pemasaran Indomaret diitregasikan dengan kegiatan promosi. Secara berkala Indomaret menjalankan program promosi dengan berbagai cara, seperti memberikan harga khusus, undian berhadiah maupun hadiah langsung.
D.       Proses Input dan Output Pada Indomaret

1.      Input
Berikut ini adalah sample Laporan Nota Penerimaan Barang
No.NPB            : 1364491
No.Kontainer   : 000209192000
NO.
PLU(Kode Barang)
DESKRIPSI
QTY(Quantity)
1.
0542
Carnation SKM 380gr
2
2.
1482
Lageo Sandwich Cheese 100gr
2
3.
1724
Dancow Instant Box 800gr
3
4.
2992
Foxs Cb Pasion 38gr
1
5.
3825
Alpenliebe Caramel 125gr
2
6.
4263
Milo 3 In 1
5
7.
8833
Fruity Jeruk 39gr
2
8.
7438
Strepsils Hny Lmn 65
1
9.
7735
Pediasure Cmpl Vn900
2
10.
8403
Tamarin Candy Asem 150gr

 
2
11.
8592
Wrgl Cool Pineapple 88gr
1
12.
9378
Lactogen 2 DHA 350gr
4
13.
9450
Milo Actigen 300gr
4

2.      Output
Berikut adalah contoh output nota pembelian

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsbO86D9Oi8gIsF0srWcc3TXZTBxRFvQxMXRvTVel3fu0VgzKuYf9uQkjB_u_CSo8aBm9eKFC6EuSC78Q8sjIMzCSP4FRUbBchxsqZWNuRyZPOkg2o_mJsix4X90ooo-6OrlveRnLk2Y0/s320/Gunung+Putri-20111020-01571.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibPfWh4x_tOx29tfgpz_WWj0Sa9GSnsuTABByGls9-zdon8aoprcsfPKbshnz_gqKQ9HSlYFnJEQvNt5NUGQ9zUPc4nQskOYZRVzDjaW9cyITAXiwz2D0ZEcqVXdQL2tphtT0bKPzD0-s/s320/Gunung+Putri-20111020-01566.jpg











Tidak ada komentar:

Posting Komentar