’ SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
PENDIDIKAN’’
NAMA
: firman syah
NIM : 14.230.0040
BAB I. PENDAHULUAN
a. Latar Belakang
Sistem Informasi Manajemen
Pendidikan (SIMDIK) adalah sebuah sistem informasi untuk kebutuhan manajemen
lembaga pendidikan dalam hal ini adalah sekolah, yaitu TK, SD, SMP, dan SMA.
SIMDIK dikembangkan secara terpadu dimulai dari proses operasional pendaftaran
siswa baru, proses akademik, pengelolaan keuangan, sampai operasional siswa
menjadi alumni.
SIMDIK merupakan proses operasional
sekolah. SIMDIK juga dirancang sesuai dengan standar JARDIKNAS. Segala
kebutuhan pelaporan dari sekolah ke Dinas Pendikan Daerah maupun untuk
kebutuhan Depdiknas dapat dilakukan dengan mudah. Dengan adanya SIMDIK
manajemen pendidikan menjadi lebih mudah dan terkontrol
Dalam menghadapi globalisasi, sistem
informasi semakin dibutuhkan oleh lembaga pendidikan, khususnya dalam
meningkatkan kelancaran aliran informasi dalam lembaga pendidikan, kontrol
kualitas, dan menciptakan aliansi atau kerja sama dengan pihak lain yang dapat
meningkatkan nilai lembaga pendidikan tersebut.
b. Rumusan Masalah
Dari latar belakang tersebut, maka dalam makalah ini penulis dapat merumuskannya menjadi
beberapa rumusan masalah, yaitu:
1.
Pengertian dan Ruang Lingkup Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK)
2.
Tujuan dan Keunggulan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK)
BAB II. PEMBAHASAN
SIMDIK adalah sebuah sistem
informasi untuk kebutuhan manajemen lembaga pendidikan dalam hal ini
adalah sekolah. Sekolah yang dapat di cover dengan SIMDIK ini
adalah sekolah TK, SD, SMP, SSistem
Informasi Manajemen Pendidikan
merupakan perpaduan antara sumber daya manusia dan aplikasi
teknologi informasi untuk memilih,
menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data dalam rangka
mendukung kembali proses pengambilan
keputusan bidang pendidikan.Data-data tersebut adalah data
empiris atau data/fakta sebenarnya
yang benar-benar ada dan dapat dipertanggung jawabkan
kebenarannya.MA dan sederajat.
SIMDIK dikembangkan secara terpadu
dimulai dari proses operasional pendaftaran siswa baru, proses
akademik, pengelolaan keuangan,
sampai operasional siswa menjadi alumni.
SIMDIK merupakan proses operasional
sekolah. SIMDIK juga dirancang sesuai dengan standar JARDIKNAS.
Segala kebutuhan pelaporan dari
sekolah ke Dinas Pendidikan Daerah maupun untuk kebutuhan
Depdiknas dapat dilakukan dengan
mudah. Dengan adanya SIMDIK manajemen pendidikan menjadi lebih
mudah dan terkontrol.
Cakupan Sistem Informasi Manajemen
Pendidikan (SIMDIK)
Ruang Lingkup SIMDIK Back-office :
1. Koneksi dan setting,
Identitas sekolah, setting tahun ajaran, seting kurikulum, koneksi database,
dan format tanggal.
2. Pengelolaan
Kesiswaan, Pengelolaan biodata masing-masing siswa, beasiswa, kasus
kedisiplinan, data
kesehatan, data periksa, prestasi,
perpindahan (mutasi) siswa, sampai pengelolaan data alumni.
3. Pengelolaan Akademik, Laporan nilai
hasil ujian secara periodik, data nilai KTSP, data nilai KBK, data
absensi, data bimbingan dan
penyuluhan, data kasus siswa, rencana pengajaran, pengelolaan mata
pelajaran, penjadwalan, dan prestasi
akademik.
4. Pengelolaan Guru dan Karyawan,
Manajemen biodata guru dan karyawan, data keluarga, riwayat
pendidikan, pendidikan
tambahan(kursus, training, seminar, workshop dsb).
5. Pengelolaan
Keuangan, Manajemen pembayaran biaya pendidikan, administrasi dana BOS (Bantuan
Operasional Sekolah)dan penggunaannya, biaya tambahan, seperti : biaya
praktikum, biaya ekstra, dll.
6. Pengelolaan
Perpustakaan, Pengelolaan buku (judul, kategori & deskripsi), status
keanggotaan dan peminjam, stock inventory, Jurnal keluar masuk buku,
laporan-laporan terdiri dari : statistik peminjaman, statistik keluar masuk
buku, rekap peminjaman, dan rekap pengembalian.
7. Pelaporan,
Pelaporan siswa (induk siwa, kesehatan, periksa kesehatan, biasiswa, kasus, dan
bimbingan) per siswa, per kelas dan seluruh siswa, pelaporan guru/pegawai
(induk pegawai, bidang pengajaran), rencana pengajaran, nilai, kelulusan,
statistik dan laporan ke DEPDIKNAS (data sekolah, siswa dan guru)
8. Bank
Soal, Pengolahan data bank soal, penyimpanan soal,pencarian dan pencetakan
Tujuan Sistem Informasi Manajemen
Pendidikan (SIMDIK)
1. Membantu seluruh bagian yang
berperan di dunia pendidikan dengan memberikan
informasi yang menyeluruh tentang pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga
sekolah menengah umum atau yang setara dengannya.
informasi yang menyeluruh tentang pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga
sekolah menengah umum atau yang setara dengannya.
2. Memberikan sarana agar
seluruh bagian yang berperan dalam dunia pendidikan yang ada di propinsi / kota
kabupaten agar dapat berperan aktif dalam usaha memajukan usaha pendidikan.
3. Pertanggungjawaban
publik yaitu dengan memberikan informasi secara trasparan tentang kebijakan dan
pemakaian sumber daya yang dialokasikan untuk dunia pendidikan.
4. Meningkatkan
pengetahuan guru dan murid tentang dunia informatika serta manfaat yang dapat
diambil melalui beberapa pelatihan.
5. Memberikan akses
informasi yang mudah dan lengkap bagi pendidik dan siswa mengenai ilmu
pengetahuan dan informasi pendidikan lainnya.
6. Nilai Lebih Sistem
Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK)
Keunggulan dari sistem ini adalah :
1. Sesuai standar JARDIKNAS
(Departemen Pendidikan Nasional), sehingga pembuatan laporan dari masing-masing
sekolah maupun dari Dinas Pendidikan dapat dengan mudah dan cepat di sampaikan
tanpa harus membuat laporan ulang dan tanpa harus mencetak laporan, hal ini
karena format laporan dan jaringan sudah disesuaikan dan menggunakan konsep
singkronisasi online.
2. Kemudahan dan kecepatan
proses pengolahan, penyimpanan, pencarian, pelaporan data dan informasi yang
dibutuhkan.
3. Dikembangkan secara
integrated untuk kebutuhan administrasi akademik sekolah.
4. Sistem dapat disesuaikan
dengan kebutuhan lembaga/institusi pendidikan terkait.
Keuntungan SIMDIK yang diperoleh
sekolah, yaitu :
1. Dapat memantau
perkembangan pendidikan siswa secara akurat
2. Dapat
meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan kepada masyarakat secara akurat.
3. Dapat menyimpan
database sekolah mulai dari data siswa,guru serta karyawan yang terdiri dari
data akademik, sistem kurikulum, administrasi, aset sekolah dll
4. Memudahkan
pekerjaan sekolah tersebut dalam segala aspek mulai dari BK, TU dan lain -lain
5. Dapat
mengangkat BRAND IMAGE sekolah tersebut secara tidak dengan memiliki fasilitas
manajemen modern.
Keuntungan SIMDIK yang diperoleh
orang tua dan siswa, yaitu :
1. Siswa dapat
berkreasi membuat blog/email dll
2. Siswa dapat
memantau ilmu dari luar sekolah
3. Siswa dapat
berkorespondensi dengan sesama pelajar diseluruh dunia
4. Siswa dapat
mencari info beasiswa dari dalam/luar negeri
5. Orangtua dapat mengecek
absensi/daftar nilai melalui fasilitas SMS
Gateway Go To School tanpa perlu repot datang kesekolah
Gateway Go To School tanpa perlu repot datang kesekolah
6. Dapat memantau
perkembangan siswa/siswinya.
BAB III. KESIMPULAN
Sistem informasi manajemen adalah
suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung
pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen (perencanaan, penggerakan,
pengorganisasian, dan pengendalian) dalam organisasi.
Sistem Informasi Manajemen
Pendidikan merupakan perpaduan antara sumber daya manusia dan aplikasi
teknologi informasi untuk memilih, menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali
data dalam rangka mendukung kembali proses pengambilan keputusan bidang
pendidikan. Data-data tersebut adalah data empiris atau data/fakta
sebenarnya yang benar-benar ada dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
Ruang Lingkup SIMDIK Back-office :
Koneksi dan setting, Pengelolaan Kesiswaan, Pengelolaan Akademik, Pengelolaan
Guru dan Karyawan, Pengelolaan Keuangan, Pengelolaan Perpustakaan, Pelaporan,
Bank Soal.
Sistem Informasi Manajemen
Pendidikan juga memiliki keunggulan serta keuntungan bagi sekolah maupun orang
tua serta siswanya.
BAB IV. DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar